Senin, 22 Oktober 2012

7 Hal Yang Harus Dipahami Saat Anda Menikah Dengan Beda Usia Jauh


Memiliki pasangan yang lebih muda atau tua mungkin sudah menjadi hal yang biasa terjadi saat ini. Tak bisa dihindarkan juga banyaknya anggapan bahwa usia lebih tua atau lebih muda seorang pasangan dipicu karena hanya faktor fisik atau kedudukan semata. Menanggapi masalah tersebut, ada baiknya kalau kita mempunyai pemahaman jelas tentang alasan ketertarikan itu dan apakah hal itu mendukung hubungan jangka panjang ataukah sekedar sebuah cara untuk menyangga ego orang yang bersangkutan itu sendiri.


1. Sadar Perbedaan Usia Bukan Masalah

Sebagai pasangan dengan usia yang jauh berbeda dan Anda mempunyai cinta yang dalam dan abadi kepada satu sama lain, sangatlah penting untuk memikirkan kapan perbedaan usia akan sungguh-sungguh mulai menciptakan masalah.

Misalnya saja, ketika menikah Anda berusia dua puluh tahun dan suami Anda empat puluh lima tahun, atau justru sebaliknya. Dua puluh tahun kemudian, Anda akan berusia empat puluh tahun dan pasangan Anda berumur enam puluh lima tahun. Kecuali Anda berharap menemukan rahasia ramuan kuno, sehingga Anda bisa tetap awet muda, hal ini bisa menjadi masalah serius dalam perkawinan Anda kelak.

2. Pria Lebih Tua Masih Mampu Memberi Keturunan

Ingatlah juga bahwa laki-laki dalam usia enam puluhan masih mampu untuk mempunyai keturunan, sementara perempuan pada usia itu barangkali tidak mampu untuk mengandung. Hal ini perlu menjadi pertimbangan jika anak adalah persoalan penting dalam rumah tangga Anda.


3. Siap Dengan Pandangan Orang Lain

Anda juga harus siap untuk menerima sikap orang lain yang mungkin memandang Anda aneh atau barangkali dianggap sedikit tidak bermoral. Anda mungkin tidak menilai pasangan semata-mata dari usia mereka, tetapi barangkali pikiran orang lain tidak terbuka seperti anda. Apakah Anda akan terganggu jika orang lain menilai Anda seperti itu?

Apakah Anda mampu menghadapi kenyataan bahwa teman-teman dan orangtua Anda mungkin tidak akan menyetujui perkawinan anda? Semua itu adalah hal penting untuk dipertimbangkan - sekalipun perbedaan usia seharusnya bukanlah faktor yang menentukan kebahagiaan dalam berumah tangga.

4. Hasrat Menikah Karena Kemapanan

Belakangan ini ada godaan besar bagi sebagian besar pria dan wanita untuk mendapatkan pasangan yang lebih muda. Skenario daya pikat pria lebih tua dan wanita lebih muda bisa jadi terletak dalam hasrat si wanita untuk menikah dengan pria yang punya kedudukan dan kaya.


5. Kebanggaan Memiliki Pasangan Muda dan Cantik

Bagi pria, ketertarikan itu pasti ada hubungannya dengan memiliki seorang wanita muda dan cantik agar semua orang mengaguminya. Kita juga semakin biasa menyaksikan hal yang sebaliknya - pasangan wanita lebih tua dan prianya lebih muda. Dalam kasus ini, ketertarikan si wanita seringkali karena hal itu sangat mungkin bisa membuatnya merasa lebih muda dan bergairah kembali.

6. Komitmen Hubungan Jangka Panjang

Bagi pria yang lebih muda, seringkali ada suatu pesona misterius pada wanita yang lebih tua. Menanggapi masalah tersebut, ada baiknya kalau kita mempunyai pemahaman jelas tentang alasan ketertarikan itu dan apakah hal itu mendukung hubungan jangka panjang ataukah sekedar sebuah cara untuk menyangga ego orang yang bersangkutan itu sendiri.

Dengan mengasumsikan bahwa, sebagai pasangan dengan usia yang jauh berbeda, Anda mempunyai cinta yang dalam dan abadi kepada satu sama lain, sangatlah penting untuk memikirkan kapan perbedaan usia akan sungguh-sungguh mulai menciptakan masalah.

Misalnya saja, ketika menikah Anda berusia dua puluh tahun dan suami Anda empat puluh lima tahun, atau justru sebaliknya. Dua puluh tahun kemudian, Anda akan berusia empat puluh tahun dan pasangan Anda berumur enam puluh lima tahun. Kecuali Anda berharap menemukan rahasia ramuan kuno sehingga Anda bisa tetap awet muda, hal ini bisa menjadi masalah serius dalam perkawinan Anda kelak.

7. Menyadari dan Memahami Cinta Itu Anugerah

Cinta adalah anugerah. Dunia terasa lebih indah dan berwarna, ketika sedang jatuh cinta. Kesepahaman dan cara pandang yang sama, kecocokan satu dengan lain, seringnya bertemu dapat menimbulkan benih-benih cinta.

Berbicara tentang perbedaan usia dalam cinta, setiap orang mempunyai harapan dan cara pandang yang berbeda. Bagi sebagian orang, perbedaan usia dalam cinta, tidaklah menjadi pertimbangan atau masalah di antara mereka yang saling mencintai dan menyayangi. Tetapi terkadang perbedaan usia dapat menjadi penghalang cinta.

Namun, tak peduli berapa pun perbedaan usia Anda, ingatlah selalu bahwa pada akhirnya keputusan untuk menikah haruslah menjadi keputusan Anda bersama pasangan Anda sendiri. Jangan biarkan seorang pun berusaha mempengaruhi Anda, atau memutuskan hal itu untuk Anda.

* * * * * * * * * * * * *

Cerita Nikah Beda Usia

Ketika aku masih berusia remaja, aku mempunyai keinginan mempunyai kekasih yang berusia lebih tua empat tahun. Penyebabnya, aku melihat kakak sepupuku yang menikah dengan seseorang yang usianya terpaut jauh, terlihat begitu serasi dan bahagia serta rumah tangganya harmonis.

Ada tiga orang teman-teman sekelasku saat SMU yang menjalin kasih dengan teman sekelas yang lebih muda akhirnya berlanjut ke jenjang pernikahan. Dari tiga pasang itu, semua cewek berusia lebih tua dari usia cowok, berkisar antara satu dan dua tahun. Usia cewek yang lebih tua, bukanlah masalah, apalagi dengan teman sekelas, meskipun selisih usia beberapa tahun.

Dari silsilah keluarga besarku dari pihak ayah dan ibu, perbedaan usia antara kakek dan nenek adalah sepuluh tahun dan perbedaan usia ayah dan ibu adalah tujuh tahun. Bagi generasi pendahulu, rata-rata usia cowok lebih tua dibandingkan cewek. Konon, kakek dan nenek serta ayah dan ibuku dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Keduanya tidak saling mengenal sebelumnya. Masa perkenalan dan penjajakan cukup singkat dan usia saat menikah pun relatif muda.

Ketika kita hadir dalam sebuah pesta pernikahan, sering kali di antara para undangan, ada pertanyaan yang umum diajukan “Berapa perbedaan usia pengantin pria dan wanita?”. Hal ini terutama, jika mempelai pria terlihat jauh lebih tua atau sebaliknya mempelai wanita terlihat lebih dewasa. Jika pasangan yang menikah sepantaran, apalagi pasangan tersebut satu almamater dan terlihat begitu serasi, biasanya tidak ada pertanyaan.

Jika usia cowok lebih tua dari usia cewek, biasanya tidak menjadi bahan perbincangan, karena dianggap umum, hingga berbeda sepuluh tahun. ketika usia cewek lebih tua sekitar empat tahun saja, biasanya suka menjadi perbincangan, terutama jika wajah cewek terlihat lebih dewasa.

Beberapa waktu yang lalu, kakak sepupuku cowok melangsungkan pernikahan di sebuah hotel berbintang. Perbedaan usianya dengan istrinya sangat jauh yaitu 20 tahun. Istrinya terlihat sangat cantik dalam balutan gaun pengantin putih yang elegan. Rambutnya yang sebahu dibiarkan tergerai dengan mahkota mungil di atas kepalanya. Kakak sepupuku sangat perhatian dan sayang kepada istrinya.

Perbedaan usia sangat besar, membuat kakak sepupuku agak cemburu dan melarang istrinya menggunakan gaun pesta yang sedikit terbuka dan meminta istrinya untuk tidak berhubungan dengan teman-teman cowok masa kuliahnya. Ketika seorang fotografer sempat menyentuh istrinya untuk pengaturan gaya saat foto pre-wedding, kakak sepupuku sempat protes kepada fotografer tersebut.

Aku dan adik-adik dari kakak sepupuku sempat bingung untuk memanggil istrinya. Mau memanggil dengan sebutan kakak, usia kita lebih tua. Hanya memanggil nama, rasanya kurang menghormati kakak sepupu. Kalau dengan sepupu yang lain, perbedaan usia tidak terlalu jauh, biasanya kita cukup memanggil nama biar lebih akrab.

Ada yang mempunyai harapan dan keinginan untuk memiliki kekasih yang usianya berselisih sekian tahun. Dengan berjalannya waktu, kita tidak menemukan orang yang usianya yang sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Apakah kita menolak kehadiran cinta hanya karena perbedaan usia belaka? Kita yang menjalani hubungan cinta. Kita tidak perlu memedulikan ucapan orang lain jika usia kita dan pasangan terpaut jauh, sekalipun usia cewek yang lebih tua beberapa tahun.

Perbedaan usia dalam cinta tergantung dari pandangan masing-masing. Ada cewek yang mendambakan figur kebapakan karena dianggap lebih dewasa sehingga dapat memberikan perlindungan dan kasih sayang. Sementara itu, ada cowok yang usianya lebih muda tetapi menyukai cewek yang dewasa dan mandiri. Tidak ada masalah dan pernikahannya langgeng. Bagi yang menikah dengan teman seperjuangan, teman masa sekolah dan kuliah, umur mereka rata-rata sama. Bahkan, ketika telah menjadi suami istri, mereka masih seperti sahabat, dengan gaya bahasa gue dan elu.

Dalam suatu hubungan percintaan, banyak faktor yang lebih penting dari perbedaan usia. Cinta sejati, kasih sayang, perhatian, kesepahaman dan kecocokan, toleransi serta saling menghargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar