Jumat, 19 Oktober 2012

Nasihat Untuk Pernikahan yang Bahagia

J.C. Cain adalah seorang pensiunan dokter dari Mayo Clinic. Dia menjadi dokter pribadi Presiden Amerika Serikat, Lyndon Johnson selama berpuluh-puluh tahun. Berikut ini adalah kutipan dari pidato selepas makan malam oleh Dr. Cain. Hampir semua pernikahan yang dimulai dengan keputusan kedua belah pihak akan berlangsung untuk selamanya. Namun demikian dari bulan Juni 1979 sampai dengan Juni 1980 terjadi lebih dari satu juta perceraian di Amerika Serikat. Rata-rata perceraian yang terjadi adalah 5,4 per seribu penduduk dibandingkan dengan rata-rata pernikahan yang 10,6 per seribu penduduk dalam jangka waktu yang sama. Rata-rata lamanya pernikahan sebelum terjadi perceraian adalah 6,6 tahun.

Kita harus menghentikan kecenderungan ini. Berdasarkan pengalaman pernikahan yang bahagia selama lebih dari empat puluh tahun dan praktik kedokteran, saya mempunyai beberapa nasihat.

Saya berikan nasihat-nasihat ini dengan mengetahui sepenuhnya bahwa peraturan dan nasihat tentang "bagaimana mewujudkan pernikahan yang bahagia" biasanya diabaikan, tetapi karena diberikan cukup jauh sebelum munculnya masalah, nasihat-nasihat ini semoga diperhatikan.

1. Nyatakanlah cinta Anda dengan kata-kata sesering mungkin.

Saya belum pernah menemui pasien-pasien yang mengeluh bahwa kekasih mereka begitu mencintainya. Tetapi saya menemui banyak isteri yang berkata bahwa mereka tahu suami mereka mencintai mereka, tetapi mereka tidak pernah mengatakannya. Saya sarankan kalian saling mencium sewaktu kalian saling berjumpa atau berpisah. Usahakanlah untuk menunjukkan kasih sayang Anda di depan umum dengan duduk di dekat kekasih Anda, berpegangan tangan dan saling mendukung dalam percakapan.

2. Buatlah pasangan Anda bahagia.

Kebahagiaan pasangan Anda lebih penting daripada pekerjaan Anda. Pasangan Anda lebih penting bagi Anda daripada anak-anak kalian, yang akhirnya akan meninggalkan kalian karena tanggung jawab dan masalah-masalah mereka sendiri. Anda harus dengan tulus hati dan penuh kesungguhan hanya memiliki satu keinginan yaitu membuat pasangan Anda bahagia. Saya menjamin Anda bahwa usaha Anda akan kembali pada Anda sepuluh kali lipat.

3. Jangan pernah memandang laki-laki atau wanita lain.

Sungguh-sungguhlah berusaha lepas dari godaan. Buatlah pasangan Anda tenggelam dalam cinta dan kasih sayang sehingga tidak mungkinlah baginya untuk mempunyai waktu atau kecenderungan memandang ke arah lain.

4. Jangan pernah melakukan sesuatu yang Anda sangka akan menyenangkan tanpa melibatkan pasangan Anda.

Jika Anda mempunyai kegemaran yang tidak dapat dinikmati pasangan Anda, gantilah dengan sesuatu yang dapat kalian nikmati berdua. Anda akan terkejut betapa fleksibel, toleran dan tabahnya seorang kekasih jika Anda menunjukkan hasrat untuk bersama dengannya.

5. Rencanakan dan lakukan hal-hal yang tidak terduga-duga.

Memberikan bunga, gula-gula dan hadiah pada hari ulang tahun dan hari-hari peringatan lainnya tidaklah cukup. Pergilah ke tempat-tempat istimewa dan lakukanlah hal-hal yang tidak terduga-duga.

6. Jika Anda bepergian jauh dari rumah, hubungilah pasangan Anda setiap hari.

Tulislah surat atau teleponlah. Apa yang Anda katakan tidaklah penting; yang terpenting adalah bahwa pasangan Anda tahu Anda sedang memikirkannya. Tanpa disengaja dan didasari sebenarnya hal ini membantu Anda melawan godaan-godaan.

7. Waspadalah terhadap kritik yang dilontarkan oleh pasangan Anda.

Hanya orang yang Anda cintai yang dapat melukai Anda. Teman-teman atau kenalan-kenalan saya dapat mengritik semau mereka dan saya hanya merasa kasihan bahwa mereka telah salah dalam menilai saya. Tetapi bahkan hanya satu isyarat akan kritik yang tidak benar oleh isteri saya menyebabkan luka yang mendalam. Khususkan tingkah laku Anda yang terbaik dan perhatian Anda yang terbesar untuk keluarga Anda.

8. Hindarilah gosip dan nasihat yang hanya sepihak.

Anda dan pasangan Anda adalah satu. Dengarkanlah satu sama lain. Nasihat apapun (bahkan juga nasihat saya ini) harus kalian bicarakan berdua.

9. Rencanakan dan susunlah waktu untuk sendirian bersama pasangan Anda.

Menjauhlah dari anak-anak dan teman-teman Anda untuk suatu kencan tiap minggu dan suatu acara akhir pekan tiap bulan atau acara-acara yang semacam itu. Berakhir pekan bersama di sebuah hotel atau motel adalah baik. Berbaringlah di tempat tidur sepanjang pagi hari dan sarapanlah di tempat tidur. Hindarilah berliburan secara terpisah sebab kalian akan menghindari gangguan-gangguan.

10. Waspadalah terhadap masalah-masalah keuangan.

Sebagai seorang dokter, ketika seorang pasien berkata kepada saya, "Saya menggunakan uang saya untuk ini dan itu," ini merupakan bukti yang jelas adanya masalah dalam pernikahan. Bukan "uang saya" atau "uangmu" tetapi "uang kita".

11. Jangan bersaing dengan pasangan Anda.

Usahakanlah untuk saling meneguhkan. Jangan berusaha membuat pasangan Anda iri hati. Keberhasilannya adalah keberhasilan Anda. Bergembiralah dalam keberhasilannya.

12. Pergilah ke gereja yang sama secara teratur.

Bacalah Kitab Suci dan berdoalah bersama setiap malam. Barangkali inilah nasihat yang paling penting yang dapat saya berikan. Tiap malam, tanpa lupa, bacalah Kitab Suci kalian dan terus berlutut dan berdoa bersama. Anda tidak dapat menjadi begitu sedih, marah atau bahkan terluka jika pasangan Anda berada di samping Anda dan kalian berdoa bersama.


https://www.facebook.com/notes/marriage-rebuilders/nasihat-untuk-pernikahan-yang-bahagia/161847120821

Tidak ada komentar:

Posting Komentar